Jepang Maniac

Hai!!Para Maniac Jepang!!Di sinilah tempat untuk melakukaann apaa....aaja....asalkan itu berhubungan dengan Jepang!!!Jadi,tunggu apalagi para maniac???!!!! Buruan gabung!!O tanoshini kudasaii!!!!Ja neeee!!!!

Sunday, November 14, 2004

About Rurouni Kenshin

Mungkin sudah umum bagi anda untuk mendengarkan cerita yang berlatar belakang tentang sebuah petualangan ( adventure ), action, maupun science fiction ( sci-fi ). Nah, sekarang bagaimana kalau cerita tersebut mengambil latar belakang dari sebuah sejarah? Rurouni Kenshin adalah salah satu jawabannya. Dengan menggunakan sudut pandang seorang samurai yang menjadi saksi dalam pergolakan sejarah kekaisaran hingga pemerintahan Jepang, Nobuhiro Watsuki, sang pengarang kisah Rurouni Kenshin ini telah menyajikan sebuah roman dan kisah petualangan yang patut disimak oleh semua orang.

Serial anime ini telah mencapai 95 episode dan telah ditayangkan hingga tamat oleh berbagai stasiun TV di berbagai negara ( salah satunya adalah Indonesia ^_^ ), sedangkan manga ( komiknya ) sudah mencapai volume ke 42 setelah sebelumnya dimuat secara terpisah dalam majalah Weekly Jump. Yang patut dikagumi, walaupun serial ini bisa dibilang agak melencengkan sejarah yang sebenarnya, namun anime ini tetap menjadi favorit bagi kalangan otaku maupun para penggemar anime yang masih dini.



Synopsis :

Kisah Rurouni Kenshin bersetting pada tahun 1879 di negeri sakura, dimana jaman Tokugawa telah digantikan oleh jaman baru yang disebut Restorasi Meiji. Kenshin Himura, seorang samurai yang turut berjasa dalam pergantian era pemerintahan di Jepang, kini telah memutuskan untuk mengisi sisa hidupnya untuk mengembara dan sebagai pelindung rakyat setelah sebelumnya ia menjadi seorang Battosai ( pembantai ) di era Tokugawa. Untuk menebus dosa-dosanya tersebut, Kenshin telah mengganti pedang tajamnya dengan Sakabatou ( pedang bermata terbalik ) sebagai tanda bahwa ia tidak ingin membunuh lagi dan bertujuan untuk melindungi kaum lemah tanpa harus melukai maupun membunuh lawannya.

Dalam perjalanannya, Kenshin bertemu dengan Kaoru Kamiya, seorang gadis yang berperan sebagai guru kendo sekaligus pemilik doujinshi ( perguruan ) aliran Kamiyakashin. Setelah itu, Kenshin memutuskan untuk menetap di perguruan Kamiyakashin untuk melindungi sekaligus membantu Kaoru dalam meneruskan dan mengajarkan aliran pedang tersebut. Yahiko Myoujin, anak keluarga samurai berumur 10 tahun, segera menjadi murid dari aliran tersebut setelah sebelumnya bekerja sebagai pencopet dan ditolong oleh Kenshin ketika dihajar oleh kelompok penjahat. Selain itu juga ada Sanosuke Sagara, seorang berandalan muda dan kuat yang akhirnya menjadi teman seperjuangan Kenshin, dan Megumi Takani, gadis yang sebelumnya dipaksa oleh sebuah organisasi kejahatan untuk membuat opium ( dan ditolong pula oleh Kenshin dkk. ), namun ahli dalam bidang pengobatan dan kedokteran.

Seiring dengan berkembangnya cerita, masa lalu Kenshin pun kembali terkuak. Kini ia harus benar-benar berjuang untuk melindungi Jepang, baik dari serangan pihak dalam maupun luar. Bersama Saitou Hajime, mantan anggota Shinsengumi yang pro - pemerintah, Kenshin berjuang untuk menggagalkan niat Makoto Shishio, seorang samurai yang dendam kepada pemerintah karena sebelumnya pernah dibakar hidup-hidup dan berniat untuk balas dendam sekaligus menguasai seluruh Jepang. Bagaimana kisah selanjutnya? Silakan simak sendiri kelanjutannya dalam anime yang legendaris ini! ^_^;



Opinion :

Salah satu hal yang saya kagumi dari anime ini adalah kreativitas dan keberanian pengarang dalam mengolah berbagai sejarah dan menampilkannya kedalam format animasi yang sangat menyentuh dan juga mengandung edutainment ( education - entertainment ) alias mendidik. Walaupun begitu, anime ini juga masih mengandung kekerasan, maka ada baiknya bila anime ini dikonsumsi oleh anak berumur 11 tahun ke atas.

Hal kedua yang saya kagumi adalah Soundtrack. Anime ini kaya akan soundtrack yang cukup menghibur, mulai dari lagu untuk Opening ( pembuka anime ), background music, sampai pada Ending ( penutup ) anime ini. Asal tahu saja, banyak sekali group musik dari Jepang yang telah menyumbangkan suaranya untuk anime ini, diantaranya adalah : Judy & Mary, Yellow Monkey, TM Revolution, Bonnie Pink, Siam Shade, L`arc n Ciel, dan beberapa artis / penyanyi lainnya.

1 Comments:

Post a Comment

<< Home

 
[ Background by www.Soup-Faerie.Com ]