Jepang Maniac

Hai!!Para Maniac Jepang!!Di sinilah tempat untuk melakukaann apaa....aaja....asalkan itu berhubungan dengan Jepang!!!Jadi,tunggu apalagi para maniac???!!!! Buruan gabung!!O tanoshini kudasaii!!!!Ja neeee!!!!

Monday, November 15, 2004

AYUMI HAMASAKI

AYUMI HAMASAKI
Trend Setter Lifestyle Jepang
Selebriti, Newsmusik Edisi 10 / 2001 – Bens Leo


Ayumi Hamasaki adalah fenomena jagad seni dan lifestyle di Jepang. Profesinya: model dan penyanyi. Bisakah ia membedah 'dunia' seperti Madonna, misalnya?

Model & Lifestyle :

Perempuan remaja Jepang sedang gandrung dengan gaya hidup Ayumi Hamasaki. Gadis langsing, putih, bermata 'sempit' dan jelita ini, menjadi proyek percontohan perilaku anak muda Jepang. Dari soal dandanan rambut (yang bisa berganti-ganti warna), model kacamata serta aksesori yang dipakai, cewek-cewek Jepang mencoteknya abis Ayu. Pusat pertokoan mode di Harajuku, Tokyo, Osaka dan kawasan wisata, juga menjual pin, foto dan postcard-nya. Popularitas ini hampir tak pernah disamai oleh penyanyi dan mega bintang mana pun di Jepang.

Ayu berada di tengah hiruk-pikuk kemajuan jagad globalisasi budaya di Jepang. Khusus di dunia musik, Jepang lebih dulu mengirim wakilnya di dunia internasional dari nama-nama person dan band yang kondang, macam Sadao Watanabe, Kitaro, sampai Casiopea. Ayumi Hamasaki sendiri menjadi gadis bermata 'sempit' yang kesekian yang berusaha menembus showbiz musik Internasional melalui proses adaptasi di Amerika, setelah nama Utada Hikaru (juga asal Jepang) dan Coco Lee (Hongkong).

Yang agak membedakan antara ketiga perempuan Asia itu adalah, Ayu punya basic model. Di usia 7 tahun gadis kelahiran Fukuoka, 2 Oktober 1978 yang hanya tinggal bersama ibu dan neneknya ini, telah terjun ke dunia modelling. Masuk usia SMA, Ayu pindah ke Tokyo, sambil memburu popularitas di dunia modelling dan vokal. Pada usia 15, Ayu punya kesempatan belajar soal 'bisnis' di New York. Di sanalah ia banyak melihat dan mengadopsi 'kesenian Barat', yang kemudian menjadi pengaruh utama perkembangan lagu-lagu terutama lirik yang diciptakannya, bahkan sampai ke gaya hidup. Dari sini, debut albumnya dirilis pada tanggal 1 Januari 1999, berjudul A Song For XX, di bawah produser Max Matsuura. Seperti kebanyakan penyanyi Jepang, ia membawakan lagu-lagu rekamannya dengan paduan antara bahasa Jepang dan Inggris.

Kolaborasi Musisi Istimewa

TV cable di Indonesia mulai mempromosikan penampilan Ayumi cukup gencar, tak hanya dari sisi musikalitas, tapi juga Ayu sebagai trend setter gaya hidup anak muda perempuan Jepang. Teristimewa di lirik-lirik lagu ciptaannya, Ayu banyak bicara tentang sisi kehidupan kaumnya, “Saya menulis lirik dari pengalaman pribadi atau teman-teman terdekat saya, tentu juga perempuan,” katanya suatu hari. “Bagi saya, lirik yang tercipta dari sesuatu yang kita kuasai adalah lirik yang paling jujur, dan itulah yang gampang dinikmati orang lain,” lanjut penyuka anjing ini (ia memiliki 8 anjing, dari pet dog sampai bulldog).

Beberapa lirik ciptaannya terawal adalah lagu 'You', 'Poker Face', kemudian 'For My Dear…' Lagunya ditulis oleh Yasuhiko Hoshino, aransemen garapan Akimitsu Honma. Sedang pada lagu 'Trust', Ayumi menulis lagu bareng Takashi Kimura dengan aransemen Akimitsu dan Takashi Kimura. Pada lagu 'Fly High' yang dirilis 9 Februari 2000, Ayumi menulis lagu bareng D.A.I inisial nama seorang musisi Jepang dengan aransemen Naoto Suzuki dan D.A.I. Begitu seterusnya. Dalam satu album, hampir selalu Ayu menulis lirik, notasi lagu oleh musisi lain, aransemen mungkin saja musisi berbeda. Dalam sejumlah albumnya yang telah beredar di Jepang, musiknya bisa hanya dikawal dengan formasi band atau orkestra. Bahkan, dalam beberapa kali kegiatan rekamannya, Ayumi Hamasaki bersama produsernya, melepas lagu-lagu karyanya dalam bentuk remix. Sebuah pertanda, bahwa di Jepang rekamannya memang laku di pasaran

1 Comments:

  • At 9:39 AM, Blogger nico said…

    Sayang sekarang Ayumi budek sebelah ( kaya udah jayuh terimpa tangga!Abis putus sama tunangan-nya setelah bertunangan selama 7 tahun kemudian putus kemudian dia budek sebelah )

    Oh iya kalau mau videoclipo jepang yang terbaru bisa ke :japanvideoclip.blogspot.com

     

Post a Comment

<< Home

 
[ Background by www.Soup-Faerie.Com ]