Jepang Maniac

Hai!!Para Maniac Jepang!!Di sinilah tempat untuk melakukaann apaa....aaja....asalkan itu berhubungan dengan Jepang!!!Jadi,tunggu apalagi para maniac???!!!! Buruan gabung!!O tanoshini kudasaii!!!!Ja neeee!!!!

Saturday, November 20, 2004

Informasi Liburan

Informasi Liburan ini Idenya bermula dari paket tur yang diilhami oleh film seri populer "Beverly Hills 2010". Turis dari Jepang bisa melancong ke sekolah di mana "Beverly Hills 2010" dibuat, berkunjung ke shopping mall di Beverly Hills dan juga makan di restoran-restoran di mana film itu sering mengambil adegannya. Pada akhir tur, para peserta diberikan kesempatan untuk bertemu dengan enam orang aktor asli dari serial TV yang populer itu. Begitu populernya tur ini, sehingga pesertanya harus diundi untuk mendapatkan kesempatan ikut. Siapa tahu, cerita di atas bisa kita jadikan ide untuk menciptakan tur serupa di Jakarta dengan mengambil salah satu sinetron yang populer di Indonesia. Pokoknya, apapun yang akan Anda lakukan di masa liburan ini, cobalah mengambil siasat inovatif dan kreatif. Selamat berlibur !!


Pada pertengahan tahun seperti ini, para orang tua biasanya kembali pusing bukan saja memikirkan biaya-biaya baru dan rutin masuk sekolah, tapi juga rengekan anak yang minta berlibur. Sebagian dari kita yang ekonominya 'luber', memilih tujuan wisata bukanlah masalah besar. Beberapa teman saya minggu lalu sudah berangkat ke luar negeri membawa anak-anaknya berlibur. Namun bagi kita yang budget-nya pas-pasan, mencari tujuan liburan yang pas ternyata tidak mudah. Malah bisa bikin sakit kepala.

Iseng-iseng saya ke internet mencari informasi liburan. Kota-kota dunia yang terkenal, seperti Washington DC biasanya memiliki situs informasi turis yang sangat baik, seperti www.washington.org. Kalau Anda kebetulan mau ke Amerika, silahkan mampir ke situs kota San Francisco yaitu www.sfvisitor.org . Atau kalau tertarik dengan kota favorit saya, Seatle, Anda bisa surfing di www.seeseatle.com. Di samping mencari informasi tentang luar negeri, saya juga mencari informasi tentang Indonesia. Situs yang menyediakan informasi turis ternyata cukup banyak. Namun kebanyakan isinya kurang kreatif, dan basa-basi saja. Terkesan asal ada saja. Saya masuk juga ke portal seperti www.indo.com, yang kebanyakan isinya bercerita tentang Bali. Kalau Anda penasaran, Lembaga Informasi Nasional juga memiliki situs www.info-ri.com. Situs yang saya anggap bermanfaat adalah situs id.lycosasia.com, dan Anda harus masuk mencari section paket tur. Ternyata situs itu menyediakan link ke berbagai tur dengan paket-paketnya. Cukup bervariasi dan informatif bagi kita yang sedang mencari alternatif tujuan wisata.

Belum lama ini, ketika saya keliling daerah, beberapa kota di Indonesia sudah melakukan strategi positioning untuk menciptakan ceruk pasar yang unik. Di airport Surabaya misalnya, saya melihat beberapa promosi dengan slogan kota Surabaya sebagai kota maritim. Semangat otonomi daerah telah membuat kota-kota tertentu mengambil ancang-ancang pemasaran yang strategis. Jakarta yang baru saja berulang tahun, juga mulai memperhatikan festival-festival yang mampu menciptakan event pariwisata. Misalnya saja festival Jak-Art yang menggelar sejumlah karya seni jalanan. Walau pun masih pincang di sana-sini dan informasinya masih sulit ditemukan, semua langkah strategis itu merupakan sebuah awal yang patut dipuji.

Yang harus dicermati berikutnya adalah mengemas informasi itu menjadi sebuah senjata pemasaran yang dahsyat. Beberapa wirausaha muda kita sudah memelopori situs-situs berbasis informasi turis yang lebih trendy. Misalnya saja, www.mytimeoff.com yang mengemas informasi hiburan yang cukup lengkap di seluruh Jakarta, atau www.djakartamag.com yang merupakan versi on-line dari majalah Djakarta yang memuat tempat-tempat pelesir di Jakarta dan juga kota-kota lain. Upaya-upaya ini perlu dirangsang terus agar bisa menjadi sarana pendukung bagi industri turis kita yang vital.

Harap maklum, industri pariwisata jaman sekarang sudah semakin kreatif dan kompetitif. Kita tidak lagi bisa mengemas paket tur hanya berdasarkan keindahan alam, lapangan golf atau resor mewah yang serba lengkap. Beberapa paket tur di Bali malah sudah dilengkapi dengan berbagai aktivitas yang tidak lazim, misalnya seperti belajar memasak masakan Bali. Belajar menari, atau menikah dengan gaya adat Bali. Pokoknya kita perlu inovatif bila tidak mau diserobot oleh negara-negara lain.

Jepang, yang dikenal inovatif dan kreatif, kini telah menciptakan tur dengan versi mengikuti tema film seri TV yang terkenal. Jepang memang negara yang dikenal gemar melancong dan pelesir. Tahun lalu saja 17.8 juta rakyat Jepang yang melancong keluar negeri. Belum lama ini, Nippon Travel Agency di Osaka, menawarkan paket tur "X-files" yang lengkap dengan kunjungan wisata ke Gedung Putih, istana presiden Amerika, dan juga kunjungan wisata ke markas besar FBI -- dimana agen Scully dan Mulder dari "X-files" bekerja. Paket-paket tur tematik ini diperkirakan akan semakin banyak dan semakin populer di masa-masa mendatang.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

 
[ Background by www.Soup-Faerie.Com ]