Jepang Maniac

Hai!!Para Maniac Jepang!!Di sinilah tempat untuk melakukaann apaa....aaja....asalkan itu berhubungan dengan Jepang!!!Jadi,tunggu apalagi para maniac???!!!! Buruan gabung!!O tanoshini kudasaii!!!!Ja neeee!!!!

Wednesday, November 17, 2004

Makanan-makanan Jepang

Bagi yang seneng banget sama makanan Jepang,kita bisa mencoba membuatnya sendiri.Siapa tau saja berhasil.Atau bila kamu sedang cape membuatnya,kamu bisa pergi ke restoran Jepang terdekat.Berikut adalah makanan-makanan Jepang yang enak dan lezat.

Tempura.
Tempura adalah berbagai gorengan,baik daging maupun sayuran yang digoreng dengan tepung.

Donburi.
Nasi dalam mangkuk dengan berbagai lauk/masakan yang disajikan di atasnya.Singkatnya donburi sama saja dengan rice bowl.Jadi,lauknya bisa apa saja,bahkan nasinya bisa diganti menjadi mie.

Kamaboko.
Makanan yang mengandung ikan atau kepiting,semacam snack dengan warna-warni menarik tapi dengan rasa ikan.

Onigiri.
Nasi kepal yang dikombinasika dengan sayuran atau rumput laut.Biasanya berbentuk segitiga.

Takoyaki.
Snack berbentuk bola-bola yang mengandung daging gurita(tako).
Termasuk jajanan umum di Jepang.Rasanya asin dan gurih.

Taiyaki.
Kue berbentuk ikan yang di dalamnya berisi pasta kacang merah yang manis.

Okonomiyaki.
Semacam martabak telur,yang adonannya digoreng di penggorengan datar,diisi dengan potongan sayuran,seafood,dll.

Miso.
Pasta kacang kedelai yang difermentasikan,digunakan untuk bumbu masak.

Sushi dan Sashimi.
Sushi adlah nasi yang diberi bumbu.Sashimi adlah ikannya.Sushi dan sashimi dijadikan satu dan sering disebut sushi saja.Sashimi terbuat dari berbagai makanan mentah yang berasal dari seafood,sepertiikan salmon,,gurita,telur ikan,dll.Kata "-zushi" diberikan untuk jenis-jenis modifikasi sushi,contohnya nigiri-zushi,yang terbuat dari nasi yang di atasnyadiberi potongan ikan.

Wasabi.
Sambal yang dibuat dari lobak hijau,berwarna hijau yang pedas,biasanya untuk bumbu sushi.Wasabi juga nama dari makanan kecil yang terbuat dari semacam jelly dengan hiasan warna-warni.

Bento.
Makanan yang dipak di dalam kotak makan.Mirip 'rantang' dalam budaya Indonesia.Bento biasanya dibuat untuk bekal makan di luar rumah,berupa nasi dan bermacam lauk pauk.Uniknya bento tidak hanya enak,tapi juga sedap dipandang mata.Dalam anime atau manga,sering kali tokoh cewek membuatkan bento untuk cowok yang disukainya,dengan lauk yang diberi hiasan sperti wortel yang dibentuk hati dan saus dibuat tulisan I Love You,dll yang dinamakan Love Bento.Love Bento ini boleh juga diberikan pada seseorang yang spesial pada hari valentine.

Konnyaku.
Semacam bahan dari tumbuhan utuk membuat jelly/agar-agar.

Yakitori.
Semacam sate ayam Jepang,berupa daging ayam yang dipanggang di tusuk sate.Tapi jangan samakan dengan sate ayam Indonesia.

Shabu-shabu.
Daging sapi yang diiris tipis-tipis,dimasak di kuah kaldu yang panas bersama dengan potongan sayuran atau daging lain yang sudah dipotong-potong,seperti baso atau seafood.

Sake.
Minuman keras beralkohol khas Jepang yang tebuat dari beras.Sake ada yang diminum,ada juga yang dipakai sebagai bumbu masak.

Nori.
Rumput laut yang sering digunakan dalam berbagai makanan Jepang,seperti sushi,mie,dll.

Macam-macam mie:

Soba : mie yang terbuat dari buckwheat(sejenis gandum).
Udon : mie yang tebal
Ramen : mie tipis yang biasanya sering dijual dalam paket cepat saji seperti mie instant.
Somen : mie yang lebih tipis dari Soba,terbuat dari tepung terigu.Somen sering dipakai untuk membuat mie dingin.
Harusame : mie tipis bening terbuat dari gelatin kacang.
Shiratake : mie soun.
Tsukemono : acar Jepang,yang terdiri dari banyak macam dan terbuat dari buah atau sayuran sebagai pendamping makanan utama.

Jika kamu sudah mencoba salah satu makanan Jepang di atas,kamu bisa memberi komentar kepada Jepang Maniac.Misalkan enak atau tidaknya makanan tersebut.Atau kamu sudah mencoba mambuat salah satu dari masakan tersebut?Ngga usah ragu lagi langsung aja kasih komentar ke Jepang Maniac!!Ja ne!

1 Comments:

  • At 1:58 AM, Blogger Aoyama Silvia said…

    berhubung nyokap q ada darah jepangnya, so sebagian makanan2 jepang yg disebutkan di atas, dah ga asing lagi di lidah q.

    dari kecil dah dikenalin ma makanan2 jepang.
    mulai dari sushi, nori, yakiniku, yakitori, shabu-shabu, nigiri sushi, kare rice, wasabi, udon, de el el....

    enak loh...!!!

     

Post a Comment

<< Home

 
[ Background by www.Soup-Faerie.Com ]